Email Marketing (Blasting)

Apa itu Email Marketing?

Tujuan Email Marketing/Blasting adalah mengirim email secara massal (bulk/mass) kepada ratusan atau ribuan atau bahkan jutaan email address penerima, dengan cara yang mudah, management konten, tampilan email yang menarik, dan setelah selesai pengiriman akan berisi hasil analisa pencapaian dari email marketing tersebut.

Isi dari email marketing bisa apa saja yang terkait dan bisnis Anda ataupun artikel/informasi yang terkait. Misalnya: artikel, promosi terbaru, produk terbaru, flyer, kegiatan, dan lain-lain.

Dengan rutin mengirimkan email kepada calon customer atau yang sudah menjadi customer Anda, maka Anda bisa membentuk dan mempertahankan brand awareness untuk bisnis Anda di hati customer kita, sehingga diharapkan pada akhirnya dapat meningkatkan Revenue.

Email Marketing adalah salah satu cara yang sangat dapat diandalkan agar bisnis Anda sukses dalam menjalankan proses “Online Marketing” melalui Internet ini. Contohnya saja, ada banyak perbedaan antara email marketing dan social media. Silahkan baca link berikut:

https://optinmonster.com/email-marketing-vs-social-media-performance-2016-2019-statistics

Terminology:

  • Email Marketing / Blasting: Salah satu cara melakukan online marketing, dengan cara mengirimkan email kepada target (calon) customer Anda. (Terlepas menggunakan sistem Email Marketing atau tidak).
  • Email Service Provider (ESP): Provider yang menyediakan sistem email marketing (Kohesi) agar proses melakukan email marketing menjadi lebih mudah, menarik, cepat, dan memiliki analisa/reporting.

Bagaimana ESP Bekerja?

Terlihat bahwa sistem email marketing kami menggunakan multiple delivery servers dalam pengiriman email marketing. Setiap server ini kami melakukan monitoring dengan baik agar reputasinya terjaga pada sisi recipient servers.

Syarat Menggunakan Sistem ESP Kohesi

Email marketing tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Kita sebagai pengirim (alamat email sender maupun server pengirim) bisa dianggap sebagai email spammer apabila Anda tidak bisa mengikuti persyaratan sebagai bulk sender (pengirim email marketing).

Khususnya email server besar seperti Gmail, Yahoo, Microsoft, dan lain-lain memiliki policy masing-masing terkait dengan bulk/mass email marketing.

Dan berikut adalah panduan CAN-SPAM Act untuk menjaga kredibilitas domain dan server pengirim email marketing:

https://www.ftc.gov/tips-advice/business-center/guidance/can-spam-act-compliance-guide-business

Berikut kalimat yang kami bisa sederhanakan:

  • Isi dari “From”, “Reply-To” dan “To” harus valid. Jangan membedakan isi “From” dan “Reply-To”. “To” harus berisi email address penerima, jangan menggunakan “BCC”.
  • Sertakan informasi tentang kantor/bisnis Anda yang benar. Misalnya alamat fisik kantor, nomor telepon, alamat email, nama pengirim email marketing, dan lain-lain.
  • Dalam email marketing harus memberikan cara (link) untuk subscribers Anda untuk opt-out (unsubscribe). Ini artinya jangan paksakan orang lain menerima email marketing Anda bila mereka sudah ingin menerima email dari Anda lagi.
  • Subscribers Anda harus sudah melakukan “double opt-in” (tahap 1: memasukkan email dia sendiri sebagai subscriber. Tahap 2: konfirmasi email address). Atau bila tidak bisa “double opt-in”, maka setidaknya subscribers Anda harus orang yang memiliki hubungannya dengan informasi yang anda sampaikan dalam email marketing Anda.

Berikut informasi tentang single opt-in vs double opt-in:

https://www.bigcommerce.com/ecommerce-answers/what-is-a-double-opt-in

Contoh subscribers yang baik (single opt-in, Anda buat sendiri):

  • Tamu hotel Anda menerima email promosi dari hotel Anda.
  • Mahasiswa akuntansi menerima email tentang artikel keuangan terkait dengan bisnis Anda.

Contoh subscribers sembarangan. (Konten tidak cocok dengan kebutuhan/ketertarikan subscriber)

  • Orang umum menerima email promosi dari bisnis Anda tentang alat kesehatan.
  • Orang umum menerima email tentang training akuntansi yang akan Anda selenggarakan.

Berikut adalah tanggapan dari Yahoo Postmaster support terhadap keluhan pada salah satu delivery server kami. Mereka juga memberikan panduan (guidelines) terkait dengan Email Marketing yang sebagian harus dikerjakan/diperhatikan bersama oleh Anda dan kami (ESP). Klik pada gambar di bawah ini untuk memperbesar.

Kelebihan Sistem ESP Kohesi

  • Memiliki standard sistem email marketing lainnya seperti subscriber listing management, email template management, reporting, dan lain-lain.
  • Harga kami lebih murah karena memperhitungkan faktor kecepatan pengiriman. Hal ini terkait dengan jumlah delivery server yang perlu kami investasikan untuk Anda.
  • Infrastruktur ESP kami adalah milik sendiri tidak menggunakan jasa lain. Sehingga reputasi IP Address dan kemampuan resource server terjaga dengan baik, termasuk hal terkait dengan DNS Blacklist atau Recipient Provider Blacklist.
  • Delivery rate masuk ke inbox sangat tinggi (di atas 95%), karena kami juga menyempurnakan konfigurasi SPF, DKIM dan DMARC untuk campaign Anda.
  • Kami menijinkan untuk embed gambar ke dalam email! (max berukuran 50 KB). Dengan embed gambar maka email Anda lebih menarik untuk dilihat. Kebanyakan provider ESP lainnya tidak mengijinkan embed gambar.
  • Gratis bantuan selama 1 bulan pertama: import subscribers, pengiriman campaign dan training secara remote.

Harga Layanan

KebutuhanESP-LiteESP-ProESP-Gold
5.000 SubscribersRp 500.000Rp 900.000Rp 1.500.000
10.000 SubscribersRp 900.000Rp 1.500.000Rp 2.500.000
25.000 SubscribersRp 1.500.000Rp 2.500.000Rp 4.000.000
Max. Campaign1x per bulan2x per bulan4x per bulan
Delivery Speed1-14 hari1-7 hari1-3 hari
  • Harga per tahun.
  • Harga tidak termasuk pajak.
  • Anda harus bisa mengoperasikan sistem email marketing secara mandiri. Bila Anda membutuhkan bantuan pengiriman campaign akan ada biaya tambahan Rp 100.000 per campaign.
  • Tidak bisa menjalankan multiple campaign secara bersamaan, artinya menjalankan campaign selanjutnya harus menunggu campaign sebelumnya selesai.

Pertanyaan-Pertanyaan (FAQ)

Apakah Kohesi menjamin inbox delivery rate mencapai >95%?
Bagaimana meningkatkan jumlah 'Open' dan 'Click'?
Mengapa Kohesi tidak menyediakan unlimited campaign (seperti kebanyakan ESP lainnya)?
Mengapa Kohesi meminta kami mengikut syarat penggunaan ESP di atas?
Saya butuh mengirim 1 juta email dalam 2 jam.
Apakah Kohesi ada tips buat saya untuk email marketing?
Apakah Kohesi menjamin inbox delivery rate mencapai >95%?

Ya. Namun dengan pertimbangan sebagai berikut:

  • Anda sebagai bulk sender harus mengikuti aturan seperti pada bagian “Syarat Menggunakan Sistem ESP” di atas.
  • Kami tidak bisa memperbaiki “external error” seperti permanent blacklist oleh recipient email servers (yang tidak bisa dinegosiasikan lagi), invalid subscribers email address (salah ketik, sudah di-disabled oleh provider, over quota), dan lain-lain.
Bagaimana meningkatkan jumlah 'Open' dan 'Click'?

Kami tidak bisa meningkatkan jumlah “Opens” dan “Clicks” karena kami dari sisi ESP bertugas hanya mengirim email Anda masuk ke inbox penerima.

Namun sebagai “rule of thumb” adalah semakin subscriber Anda tertarik/butuh terhadap konten email yang Anda kirim, maka mereka akan semakin membuka dan meng-klik link yang ada di email Anda. Oleh karena itu jangan membuat list subscriber sembarangan, yaitu memasukkan orang yang tidak berkepentingan terhadap konten email Anda ke dalam list subscriber Anda.

Mengapa Kohesi tidak menyediakan unlimited campaign (seperti kebanyakan ESP lainnya)?

Analogi di dunia nyata seperti ini:

Anda seorang dokter mendapatkan brosur tentang kedokteran dari surat pos setiap hari dari pihak yang sama. Kurir mengetuk pintu Anda untuk memberikan surat itu kepada orang di dalam rumah (analogi: masuk ke email inbox). Apakah Anda suka dengan perlakukan seperti ini? Tentu tidak.

Buat apa Anda menerima brosur setiap hari, bahkan walaupun berisi konten yang terkait dengan profesi/ketertarikan/kebutuhan Anda?

Pastinya Anda akan kesal dengan berbagai alasan. Termasuk membuat email inbox anda penuh listing-nya. Kirimlah email marketing dengan frekuensi yang tepat untuk subscriber Anda.

Dan menurut kami 1 minggu 1 kali (52x setahun) adalah sudah cukup banyak untuk kebutuhan pada umumnya.

Dan ESP lain kebanyakan hanya bahasa sales saja “unlimited”. Kalaupun kita anggap benar, maka 80%-90% email Anda akan ditolak recipient dan/atau recipient server.

Mengapa Kohesi meminta kami mengikut syarat penggunaan ESP di atas?

Mari posisikan diri Anda sebagai penerima email marketing:

(1) Anda menerima 1 bulan 1 kali (frekuensi rendah) email tentang hal yang tidak ada hubungan / ketertarikan Anda, dari jacky@get-passive-income.com. Maka cepat atau lambat, Anda akan kesal dan akan melakukan unsubscribe.

(2) Tapi ternyata email rutin tersebut tidak menyediakan link unsubscribe. Maka Anda dengan kesal meng-klik dengan keras tombol mouse Anda pada “mark as spam”, dan berharap ribuan penerima email yang lainnya melakukan hal yang sama.

(3) Anda menerima email marketing dari email address atas nama (on behalf of) jacky@get-passive-income.com yang domain get-passive-income.com tidak ada, tapi dikirim dari customer-123@mailchimp.com. Ditambah lagi di dalam email tidak ada informasi alamat kantor pengirim dan nama pengirim. Bagaikan mendapatkan SMS atau Telp penipuan, maka pasti Anda akan melakukan unsubscribe (kalau Anda masih berbaik hati) atau “mark as spam” mungkin Anda merasa lebih baik.

Jadi marilah menjadi bulk sender yang baik dan bijak, maka Anda dan penerima email Anda akan sama-sama senang.

Saya butuh mengirim 1 juta email dalam 2 jam.

Bisa saja, asal Anda mau membayar mahal, atau sangat mahal sekali.

Ada ESP lain mengatakan: “Dengan infrastruktur jaringan teroptimasi (feedback loop, dll) sehingga kami dapat mengirimkan lebih dari 1 juta email dalam kurang dari 2 jam.”

Klaim kami (kohesi):

  1. Kalau kirim 1 juta email, yang masuk inbox hanya 1.000 email, apakah Anda senang? Tentu tidak. Kalau ukurannya jumlah email yang dikirim, kami juga bisa klaim 5 juta email per 2 jam, tapi ditolak semua. Itu kan sama saja dengan tidak kirim email.
  2. Tidak ada hubungan optimalisasi jaringan atau optimalisasi server dengan tingginya email masuk ke inbox penerima. Padahal yang kita peduli adalah email marketing kita masuk ke inbox penerima, walaupun belum tentu juga dibuka, kalaupun dibuka belum tentu juga dibaca. Nah… ini juga menjadi hal penting bagi Anda agar bagaimana menulis konten email yang menarik membuat penerima email Anda mau membuka lalu membaca.
  3. Kecepatan pengiriman yang tinggi menjadi lebih mahal dikarenakan demi masuknya 1 juta email itu ke inbox, maka pengiriman harus di-distribusikan ke beberapa sending host (yang Anda harus beli/sewa), karena hampir semua email server penerima memiliki kebijakan dalam berapa jumlah email per waktu oleh 1 buah sending server yang bisa terima.

Sehingga kami perlu katakan dalam email marketing ada prinsip penting bahwa:

Semakin lambat Anda dalam mengirim email marketing, maka semakin besar kemungkinan email-email Anda masuk ke inbox penerima.

Kami garis bawahi, bukansemakin sedikit Anda mengirim email” karena jumlah email yang dikirim tetap sama, namun semakin lambat semua email itu terkirim semua.

Apakah Kohesi ada tips buat saya untuk email marketing?

Selain syarat kita harus patuh pada aturan CAN-SPAM Act, maka beberapa tips yang bisa kami berikan:

  1. Dalam konten email marketing Anda, harus meyakinkan bahwa perusahaan Anda benar, tidak terkesan fiktif atau amatir.
    • Gunakan nama domain Anda sendiri (misal nama-perusahaan-ku.com) di dalam mengirim email marketing, jangan gunakan email gratisan seperti Gmail atau Yahoo.
    • Bangunlah website domain Anda berisi informasi konten yang benar dan bersesuaian dengan email marketing yang Anda kirim.
  2. Jangan mengumpulkan list subscriber dengan cara random misal mengambil jutaan alamat email secara otomatis menggunakan program scraper. Ini akan dapat menyebabkan email Anda masuk ke spam traps (jebakan yang dibuat oleh IT professional yang tidak akan suka dengan email spams), yang akan berakibat buruk terhadrap reputasi sending IP Address kami. Lebih jauh silahkan membaca tautan ini https://blog.sendblaster.com/2018/08/05/email-harvesting-is-wrong-and-it-can-hurt-your-business-a-lot/
  3. Hargai penerima email Anda:
    • Di dalam konten email marketing Anda, berikan link untuk melakukan unsubscribe (berhenti menerima email).
    • Jangan mengirim email terlalu sering walaupun dengan tema yang berbeda, khususnya apabila isi konten email Anda tidak terlalu dibutuhkan oleh kebanyakan subscriber Anda.
    • Jangan mengirim email terlalu sering dengan tema yang sama. Menurut kami maximal 2 kali pengiriman untuk email dengan judul yang sama, dimana yang ke-2 adalah sebagai reminder saja.
Semakin Anda melakukan email marketing dengan cara yang baik dan menghargai penerima email Anda, maka semakin mereka tetap mau menerima email Anda (tidak melakukan unsubscribe, tidak mengklik tombol spam).

Contoh Laporan Hasil Campaign

Menu