VPN Menghubungkan Kantor Cabang/Toko dengan Pusat

VPN (Virtual Private Network) adalah jaringan LAN virtual melalui Internet. VPN disini bersifat seperti layaknya LAN (Local Area Network) di kantor/rumah Anda yaitu bersifat private, artinya perangkat di dalam VPN tidak bisa diakses oleh orang lain yang tidak bergabung di dalam VPN. Ini berarti VPN bersifat aman, meskipun lalu lintas data terjadi melalui Internet.

Setelah jaringan VPN tercipta maka akan terjadinya interkoneksi (interconnection) antara komputer-komputer yang berlokasi jauh, misal beda kota atau negara. Sehingga pada akhirnya kebutuhan transfer data seperti file/folder sharing, menghubungkan client-server software, meeting teleconference, meeting video conference, intranet, bahkan sampai internet gateway, dapat dipenuhi melalui jaringan VPN ini.

VPN dimungkinkan terjadi karena teknologi menciptakan encapsulation (wrapping) pada layer 4 di dalam stack OSI 7 layer protocol yang khususnya pada protocol UDP.

Apa kelebihan VPN Kohesi?

  • Berfungsi khususnya untuk interkoneksi antar kantor cabang, puluhan/ribuan toko, gerai, dan lain-lain
  • Menggunakan OpenVPN protocol UDP yang dijamin memiliki performa tinggi, handal, stabil. Bukan menggunakan PPTP protocol TCP yang sering bermasalah.
  • Tidak perlu menambah infrastruktur apapun. Tidak perlu membeli hardware VPN seperti Cisco, tidak perlu memakai router mikrotik. Semua VPN client yang ingin dihubungkan cukup menggunakan perangkat dan akses internet yang sudah ada (2G/3G/4G/5G/6G/7G/FO/Wireless ISP/dll).
  • Instalasi mudah dan langsung aktif dalam 1 jam, cukup install program VPN client pada perangkat yang ingin dihubungkan, lalu import file VPN, maka VPN siap digunakan!
  • Kompatibel di banyak OS / jenis perangkat seperti Windows, Mac, Linux, Android, iOS.
  • Stabil dengan auto reconnect, bila ISP terputus maka VPN akan reconnect dalam 20-30 detik!
  • Latency rendah hanya sekitar 30-50 ms hal ini dikarenakan VPN server berlokasi dekat dengan Indonesia, cocok untuk lokasi user di Indonesia.
  • Lalu lintas data di dalam VPN sangat aman dari tindakan hacker khususnya man-in-the-middle attack, dikarenakan lalu lintas VPN memang terpisah secara logis dan tentu menggunakan enkripsi yang baik.
  • Dapat menghubungkan ribuan device (VPN client) secara bersamaan tanpa masalah seperti overload atau intermittent connection. Namun perlu dipastikan koneksi Internet di lokasi server/toko/cabang Anda memiliki lebar bandwidth yang cukup sesuai besar data yang melewati.
  • Bila diperlukan dapat dibuat group VPN client misal berdasarkan departemen atau kantor cabang. Ini membentuk fungsi seperti VLAN (Virtual LAN) di dalam LAN/WiFi kantor Anda. Fitur ini tidak perlu diaktifkan bila tidak diperlukan.
  • Dapat digunakan sebagai internet gateway. Semua lalu lintas network di perangkat VPN client akan dipaksa di-route (dialihkan) ke VPN server. Fitur ini tidak perlu diaktifkan bila tidak diperlukan.
  • Setiap VPN client memiliki¬† IP private dan bersifat statik. Dengan demikian sebuah perangkat VPN misal server di LAN Anda akan mendapatkan IP Address yang tidak berubah-ubah sehingga mudah diakses/diingat untuk VPN client lainnya untuk terhubung. Note: Bila diperlukan resolve hostname ke IP Address maka Anda harus memasukkan semua IP Address VPN ke dalam DNS server yang dipakai (misal mikrotik). Fitur ini tidak perlu diaktifkan bila tidak diperlukan.
  • VPN Kohesi secara default bersifat point-to-point VPN, hal ini menjadi lebih mudah dalam implementasi dan operasionalnya (dibanding site-to-site VPN), yaitu tanpa router (atau tanpa melibatkan settingan di router), tanpa melakukan NAT-ing antara 2 subnet LAN, dan lain-lain.

Instansi yang Membutuhkan VPN

  • Pemerintahan / BUMN untuk mengatur komunikasi data antara unit-unit nya di seluruh Indonesia.
  • Perusahaan / Bisnis / Retail / Franchise / Koperasi yang memiliki banyak cabang / toko / gerai / pabrik / distributor / reseller di seluruh Indonesia atau di Luar negeri.
  • Instansi financial yang membutuhkan tingkat keamanan data yang tinggi saat ditransfer melalui Internet.
  • Sekolah / Yayasan / Universitas / Akademi yang memiliki pegawai-pegawai yang perlu mengakses perangkat server dari lokasi lain (rumah, kafe, mall, dsb).
  • Business traveler (Road warrior) yang membutuhkan akses ke jaringan LAN kantor dari manapun dia berada. Misalnya untuk mengakses server akunting pakai software Accurate.
  • Pegawai yang harus WFH (Work From Home) agar bisa mengakses server di kantor pusat dengan stabil.

Perusahaan Anda memiliki ribuan VPN client dan ingin memiliki server VPN sendiri?
Perusahaan Anda memiliki router di setiap cabang dan ingin melakukan site-to-site VPN (routing semua subnet LAN, custom NAT-ing), dll?
Silahkan diskusikan dengan hubungi kami disini.

Apa Perbedaan VPN dengan DDNS?

DDNSVPN
Akses ke server Menggunakan IP Address Public.Akses ke server / client lain menggunakan IP Address Private (10.0.0.0/8 atau 172.16.0.0/12 atau 192.168.0.0/16.
Teknologi menggunakan protocol DNS dibantu script pengubah dinamis IP Address. Dalam implementasinya, harus juga menggunakan DMZ atau Port Forwarding dari modem ke server.
DNS adalah layer 7 pada standard "OSI 7 layer", port forwarding bekerja pada layer 4 atau DMZ bekerja pada layer 3.
Teknologi VPN, menciptakan layer encapsulation (bungkus) dalam konesksi via Internet.
VPN bekerja 100% pada layer 4 pada standard "OSI 7 layer", tidak pernah menggunakan layer di atasnya (5, 6, 7). Keuntungan terbesar adalah semua trafik dalam VPN tidak terlihat oleh ISP atau hacker man-in-the-middle.
Bertujuan agar dinamis IP Address yang didapat terakhir oleh modem dapat di set pada hostname tertentu.Bertujuan tercipta jaringan LAN virtual via Internet.
Pada posisi client tidak perlu install aplikasi apapun. (satu-satunya keuntungan DDNS).Setting menggunakan software VPN client di setiap komputer/router yang mau dihubungkan.
Hanya bisa dipakai untuk beberapa "client" untuk terhubung ke 1 server.Bisa menghubungkan banyak client-to-client lain atau client-to-server di kantor pusat/cabang.
DDNS tidak menciptakan virtual LAN, jadi tidak ada jaringan client-to-client.Bisa menciptakan client-to-client VPN (point-to-point VPN) connection.
Sering tidak stabil dan reliable. Karena perubahan IP address butuh minimal 5 menit untuk tersebar.Sangat stabil dan reliable, reconnect hanya dalam 20-30 detik.
Beresiko ISP di posisi client atau server melakukan blokir pada layan tertentu, misal trafik NETBIOS / Windows File Folder sharing di block pada TCP port 445, dan lain-lain.Tidak akan ada masalah dengan jenis service/trafik apapun, karena VPN menciptakan encapsulation yang tidak terlihat oleh ISP atau hackers.
Bila modem tidak mendapatkan IP Address public, maka DDNS tidak bisa bekerja.Tidak ada ketergantungan sama sekali dengan posisi IP Public berada.
Bila modem mendapat IP private, dan router ISP tidak mem-DMZ trafik ke modem, maka DDNS tidak bisa bekerja.Tidak ada ketergantungan sama sekali dengan rule di router ISP.
Tidak bisa menjadi internet gateway, karena tidak masuk konteks secara teknologiBisa menjadi Internet Gateway, artinya VPN client bisa membuat semua trafik internet diarahkan melalui VPN server. Misal untuk menghindari blokir trafik tertentu oleh ISP Anda. Dengan catatan produk VPN Kohesi bukan bertujuan utama sebagai Internet Gateway.

Mana yang dipilih?

Semua fungsi DDNS bisa digantikan oleh VPN, tapi sama sekali tidak sebaliknya, artinya banyak fungsi VPN yang tidak mungkin ada di DDNS.

Kesimpulannya DDNS dapat digunakan oleh pengguna yang hanya cukup menghubungkan dirinya ke server tanpa diperlukan stabilitas/reliabilitas/keamanan dan tanpa perlu menghubungkan dirinya ke perangkat lainnya.

Pertanyaan-Pertanyaan VPN

Mau trial VPN untuk memastikan kebutuhan Anda dan kualitas VPN kami?
Silahkan hubungi kami untuk trial VPN melalui Web Chat / WA / Email

Harga Paket VPN

VPN Entry

  • VPN user max 5
  • Bandwidth unlimited

VPN Lite

  • VPN user max 8
  • Bandwidth unlimited

VPN Basic

  • VPN user max 12
  • Bandwidth unlimited

VPN Pro

  • VPN user max 18
  • Bandwidth unlimited

VPN Custom

  • VPN di atas 20 user
  • Bandwidth unlimited

Keterangan:

  • Harga tidak termasuk pajak.
  • Pembayaran 100% dimuka atau membuat SPK/PO, sebelum pekerjaan dimulai (setelah trial selesai).
  • Dapat refund secara pro-rata dengan syarat alasan pembatalan bukan karena kekurangan kualitas/layanan kami.
  • Saat ini kami tidak menyediakan paket pembayaran bulanan, kecuali untuk layanan VPN custom/enterprise/server sendiri.
Menu